Laman

Sabtu, 18 Mei 2013

PERAN SEORANG IBU

      Memiliki keluarga yang harmonis merupakan dambaan setiap orang yang sudah berkeluarga. Keharmonisan rumah tangga dapat terjadi apabila setiap anggota keluarga mampu menyadari kewajiban dan tanggung jawab sesuai dengan posisinya dalam sebuah tatanan keluarga yang memiliki aturan yang jelas. Seorang ayah juga harus mampu bertindak sebagai kepala keluarga sekaligus suami bagi istrinya, demikian juga seorang ibu mampu menjalankan peran sebagai seorang ibu bagi anak-anaknya dan sekaligus sebagai istri bagi suaminya.
      Dengan adanya kedudukan dan peran yang berbeda dalam sebuah rumah tangga, tentu saja tugas dan kewajiban yang harusa dilaksanakan juga berbeda. Peran seorang ibu dalam keluarga akan berbeda dengan peran seorang istri.
      Dalam sebuah keluarga, seorang ibu adalah seseorang yang telah melahirkan keturunan dari rahimnya sebagai suatu tanda cinta buah pernikahan dengan suaminya. Peran seorang ibu dalam keluarga, ternyata lebih besar daripada yang bisa dibayangkan sebelumnya.
      Begitu banyak dan jamaknya peran seorang ibu dalam sebuah keluarga, sehingga bisa dikatakan menjadi "seorang ibu" sekaligus "istri" adalah dua tugas yang berbeda yang bisa dikatakan berat.
      Ibu mempunyai peran yang agung dan mulia, peran sebagai istri dan ibu yang mengharuskannya berada di dalam rumah dan  peran berada di tengah masyarakat. Ibaratnya tangan kiri dapat mengayun buaian dan tangan kanan dapat mengubah dunia.Ibu diberi kelembutan agar dapat mengayun buaian, diberi ketegasan untuk mendidik, diberi air mata untuk mengungkapkan rasa senang maupun sedih, diberi ketabahan dan kesabaran untuk dapat menyimpan asa dan rasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar